السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Ahlul Halli Wal'aqdi Dan Percikan Api di Cipasung 1994

Simak bung Haidar Aly Mahmudi

Sumber gambar: http://www.aktual.com/topik/muktamar-nu-ke-33/
Muktamar NU ke -33 kali ini agak unik, sistem pemilihan ketua yg dulu lewat voting berganti dengan sistem ahlul halli wal aqdi, yang diwakili para ahli "otomatis kyai lah" dan otomatis bisa baca kitab. Suasananya ya panas, terutama untuk kandidat ketua, baik syuriah maupun tanfidiyyah.
Disini ada yang berubah, kalau dulu satu orang satu suara, sekarang mirip wilayatul fakih negara iran, yaa' alasannya biar tidak ada jual beli suara.

Tahun 1994, muktamar ke - 29 adalah muktamar paling panas dan brutal. Orang - orang orde barunya Soeharto disusupken untuk mengambil alih NU. Suap dan jual beli suara begitu tak bisa disembunyikan. diluar muktamar negara menyusupken tentara yang sebagian berpakaian banser berjumlah 1500 personil, seratus intelijen untuk "mengamankan" pengambil alihan NU.

Kyai sepuh yang dekat dengan Gus dur menangis dan berdoa agar gusti Allah ikut campur mengamankan NU. Pemuda - pemuda anti soeharto yang berteman dengan Gus dur menyusup ikut muktamar, meski mereka bukan NU.
Voting di mulai semua begitu tegang, pemuda pro Gus dur gelisah mondar - mandir tidak jelas, tentara siap - siap kayak mau perang saudara.
Akhirnya Gusti Allah ikut campur memenangkan Gus dur, pemuda - pemuda yang tidak jelas NU atau bukan bergembira, lalu membuat lingkaran dan meneriakkan yel - yel "Soeharto has to go, Soeharto has to go!!"
Muktamar cipasung memang brutal, tapi idiologis, taktis dan menolak tunduk pada negara, meski voting bukan demokrasi liberal tapi demokrasi bahsul masail, setiap santri boleh berpendapat.

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS