السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Hasil Survei Diperpustakaan STPMD ”APMD”

A. PENDAHULUAN

Dengan puji syukur kepada tuhan yang maha esa. Yang telah menganugerahkan ilmu pengetahuan dan prodak intelektual kepada kami dan kita semua sehingga kami dapat menyelesaikan survei keperpustakaan STPMD”APMD” dalam rangka menyelesaikan tugas tengah semester dari Bapak Tafrikhuddin, S.Ag, MSc. mata kuliah sistem jaringan dan kerja sama perpustakaan. Semoga dengan hasil survei yang kami tuangkan dalam laporan ini memberikan pelajaran bagi kami dan kita semua terhadap kerja lapangan perpustakaan dalam sistem jaringan informasi dan bentuk sistem kerja yang dibangun dan di peraktek dari perpustakaan STPMD”APAMD” guna kedepannya kita dapat memberikan peningkatan pelayanan pustaka dan informasi dalam kerja kita sebagai pustakawan yang tentunya berorentasi pada pemustaka (User oriented).

Yogyakarta, 27 November 2010.


B. HASIL SURVEI

Berdasarkan hasil survei kami pada tanggal, 27 November 2010 pukul.13.00-14.30 diperpustakaan STPMD”APMD”Yogyakarta. kami mendapatkan data informasi dari perpustakaan tersebut yang kami telusuri dengan 5 pertanyaan dasar yang direkomendasikan oleh bapak TAFRIKHUDDIN, S.Ag. Adapun informasi hasil survei yang kami dapatkan sebagai berikut dibawa ini yang kemudian kami kembangkan dengan bahasa kami sendiri:

1. Bentuk atau model kerja sama???

 - bentuk kerja sama yang dibangun perpustakaan STPMD”APMD” bergabung dengan jaringan jogja library dan merupakan jaringan kerjasama antara perpustakaan perguruan tinggi se- jogjayakarta dalam bidang informasi dan koleksi yang menjadi kekayaan perpustakaan yang dapat diakses melalui situs jogjalibrary.com atau opac menurut tutur pustakawan STPMD”APMD” bpk. Bowo.
- jaringan internet untuk pelayanan akses informasinya user perpustakaan menggunakan jaringan LAN

- untuk kerja sama dalam kunjungan lintas perpustakaan belum ada atau belum dicanangkan akan tetapi setiap pengguna yang ingin mengunjungi perpustakaan dan meminjam buku diwajibkan membuat kartu anggota perpustakaan STPMD”APAMD” dengan biaya Rp.10.000 dan jangka masa aktif kartu tersebut selama 6 bulan. Dan ini kebijakan sementara kata bpk.bowo.

- pengunjung yang aktif keperpustakaan APMD”STPMD” terdiri dari mahasiswa perguruan tinggi, UNY,UGM,SANATA DARMA,ATMAJAYA, dan UTY. Dan juga mahasiswa dari kampus lainnya. Tutur bpk. Bowo. 

2. Sarana kerja sama???

- Dengan jogja library 

- Koleksi terdiri dari buku pemerintahan. Dan sedikit koleksi agama.

- Untuk pencarian koleksi dapat diakses juga melalui Online Public Acces OPAC perpustakaan APMD, yang juga OPAC tersebut dapat digunakan untuk mencari informasi lain atau membuka jejaring sosial lainnya seperti : email, facebook, blog, dll.

3. Jaringan informasi yang digunakan???

- Situs profil kampus APMD dan juga tentang koleksi buku bisa dicari di Jogja Library tutur Bpk. bowo.

4. Faktor penghambat???

- Clossing adalah merupakan cara pelayanan tertutup terhadap User yang ingin meminjam buku (dalam arti user hanya dapat memberitahukan judulnya kepada pustakawan tanpa masuk kesetiap rak untuk mencari sendiri.
- Terbatasnya bahan pustaka.

5. Penghambat dan penghubung???

a. Penghubung

Adapun faktor penghubung tidak ada. Akan tetapi perpustakaan STPMD”APMD” menggabungkan diri untuk bergabung dengan jogja library. Dan hal yang membuat mahasiswa berkunjung ke perpustakaan STPMD”APMD” ingin membaca dan meminjam buku pemerintahan karena Koleksinya dominan buku pemerintahan.
Setiap orang dapat melihat kekayaan koleksi perpustakaan APMD melalui Jogja Library.
Dan hal positif dari perpustakaan APMD dalam waktu pelayanan sangat maksimal bahkan hari minggu buka. Dibawa ini sistem pelayanan waktu buka perpustakaan APMD:
- Senin - Kamis, pkl.08.00 - 19.30
- Jumat - sabtu, pkl.08.00 - 18.00
- Minggu, pkl.09.00 - 17.00

b. Penghambat

Terbatasnya koleksi yang ada sehingga berimbas pada buku yang dipinjamkan hanya berjumlah sedikit. Dan juga ada buku yang jarang dipinjam bahkan tidak pernah sama sekali yaitu, terdiri dari koleksi bahan pustaka agama seperti buku agama islam, kristen, hindu, dan budha.
Untuk peminjaman buku masih secara manual belum menggunakan mesin pelayan peminjaman secara mandiri.

Metode Survei

Tanya jawab dengan dua pustakawan di perpustakaan STPMD”APMD” yaitu dengan Bapak Bowo dan Ibu Esty. Juga dengan melihat koleksi perpustakaan STPMD”APMD”


C. PENUTUP

Demikian laporan hasil survei kami, semoga dengan data yang kami berikan bisa memberikan informasi penting, kepada kami dan kita semua, guna dimanfaatkan sebagai langkah kita kedepannya dalam memberikan kemaksimalan dalam penyedian informasi yang secara efektif di butuhkan oleh user. Dan kami mohon maaf sebesar - besarnya kepada bapak dosen bila ada kekurangan atau tidak validnya informasi yang kami berikan.

Sekian dari kelompok kami Wassalaamualaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuh.

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS