السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Surat Untuk Kanjeng Nabi Muhammad



Muhammad, mungkin aku bukan termasuk orang – orang yang memujamu, entah dengan ritual mendedahkan bait – bait puisi, melantunkan lagu atau apapun. Aku cuma seorang pencari yang terkagum oleh setiap katamu. Seumpama Tuhanmu mengizinkanku aku ingin mencari setiap kebijaksanaanmu.

Muhammad, ku ingin memanggul cintamu berkeliling semesta, ku taburkan di hutan, di sungai dan kota – kota, ku ingin mendendangkan amanatmu di segala penjuru. Mengendarai angin, bergerak melintasi cahaya dan mengalir bersama gelombang. Tapi aku tak mampu, seolah aku berdiri di hadapan laut yang tak bertepi tak berpantai.
Muhammad, aku tidak berdoa, aku ingin berdoa, tapi Tuhan mungkin tidak menghendaki aku berdoa. Mungkin aku bukan orang yang memujamu setiap waktu, tapi aku selalu bertemu dengan kebijaksanaanmu setiap waktu, seolah engkau melambai dan berkata "kemarilah". Aku selalu membaca wasiatmu yang kau amanatkan pada menantumu, meski aku tidak bisa melaksanakan.

Muhammad, ketika aku mengeja detik – detik saat engkau wafat, dipangkuan menantumu dan dihadapan anakmu, adalah hal yang paling mencekam buatku, juga hal yang paling mengharukan. Engkau tidak menangis, tapi menangisi yang kau tinggal, menangisi apa yang akan mereka perbuat.

Muhammad, yang kau tangisi sekarang menjadi begitu kacau balau, panik, saling terkam dan terombang ambing seperti buih dilautan, pontang panting rebutan hidup. Yang kau tangisi muhammad, hanya menangis untuk dirinya sendiri.
Muhammad, apa yang kurang dari ajaranmu? tidak ada, cuma umatmu yang kurang menghayati ajaranmu.

Muhammad, aku tidak bernafsu masuk surga, bahkan terlintaspun tidak, aku cuma bersedih kenapa yang kau tinggal, yang kau tangisi keadaannya begitu memilukan dan banyak yang lupa daratan, kenapa? ada apa?

Inilah surat untukmu, yang selalu aku kagumi. Meski dengan cara yang tidak seperti orang banyak.
Bung HAM


Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS