السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

“WARKOP DKI” Malari Dan Gerakan Mahasiswa



pernah lihat film warkop DKI??

Ada salah satu filmnya berjudul "Sama Juga Bohong", di situ menceritakan tentang anak – anak kampung, merantau ke kota besar untuk kuliah, di kota bertemu dengan kehidupan kota yang tidak ramah, individual. Karena kehabisan biaya lalu membuat pameran sebuah robot produk dalam negeri, sebuah robot yang bisa melayani pembeli.

Saking ramainya, pedagang barang impor, robot, mobil – mobilan dari jepang disekelilingnya tidak laku. Lalu para pedagang mengatur rencana, robot yang bisa melayani pembeli mesinnya dimasuki rokok dan kopi, rusak. Si mahasiswa pun dikeroyok massa.

Itulah gambaran film perlawanan aktivis malari tahun 1974. mahasiswa yg bersitengang dengan soeharto mengkritik penggusuran, pembangunan TMII dari dana utang, mengkritik mobil impor, lalu mereka menghadang perdana menteri jepang di bandara halim dan memenuhi jalan jakarta.

Presiden menempatkn penembak jitu, kerusuhan menyebar. Gedung, mobil impor, toko orang luar dibakar, jakarta membara.
 
Mahasiswa digebuk, lalu mundur, soeharto dan tentara makin kuat, mahasiswa mundur, tapi mereka tidak kehabisan akal perlawanan, lewat film dan obrolan warung kopi, sampai soeharto runtuh tahun 98.


 Catatan bung Haidar Aly Mahmudi


Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS