السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Merevolusi Haji

Apakah bulan haji hanya dzulhijjah saja?
Disini saya menggunakan kitab bidayah al – mujtahid sebagai basis kritik, selama ini kita hanya ikut pandangan orang kalau bulan haji hanya dzulhijjah, padahal dalam kitab bidayah al – mujtahid, imam maliki dan syafi'i menyatakan bahwa bulan haji itu mulai syawwal, dzulqo'dah dan dzulhijjah. Dasar hukumnya adalah al - qur'an surat al baqoroh ayat 197 " alhajju asyhuru ma'lumat, faman farodlo fihinnal hajja....."

kata "asyhuru" adalah bentuk jamak, yang berarti banyak, bukan cuma bulan dzulhijjah, tetapi ada banyak bulan. Ayat ini diperkuat dengan kata selanjutnya yaitu "fiihinna" kata ini adalah jamak. 
Bulan dzulhijjah adalah sunnah nabi dalam bulan hajji karena haji wada adalah dzulhijjah. Dalam sejarah nabi pernah melakukan haji bulan dzulqo'dah tapi dikepung oleh quraisy makkah hingga gagal nabi berangkat dari madinah tanggal 1 dzulqo'dah 6 H. inilah asbabun nuzul ayat 196 al baqoroh, setelah terkepung nabi lalu berkorban, dalam sejarah nabi juga mengirim abu bakar dan imam ali b abi thalib melakukan manasik haji bulan dzul qo'dah.

Inilah solusi dari problem haji sekarang yang menunggu berangkat hingga puluhan tahun. Bulan dzulhijjah adalah sunnah dalam berhaji hingga banyak dipermainkan mafia haji. Pendapat saya ini dari madzhab syafii, maliki dan kitab bidayah al mujtahid.
 
Bung HAM

27/09/16 00.37

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS