السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

“Tahun Hijriah untuk Memulai Kehidupan Baru Yang Serba Baru”

Meneropong sembari membaca, memetik hikmah dari ayat kauniyah cara saya intropeksi diri"
Rasanya baru kemarin tgl 1 muharrom 1431.H dan kini 3 muharrom 1432.H dalam perjalan panjangsetahun yang lalu ke tahun baru ini merpakan pengalaman bagi kita dan bangsa ini mulai dari masyarakat kecil sampai pemerintah dan penguasa negeri ini tidak ada kata terindah mungkin untuk mengenang tahun kemarin. Yang ada tangisan histeris yang mendalam, ocehan dari rakyat kecil 
“kami ini masyaraka kecil inidonesia, kami ini masyarakat biasa, kami ini masyarakat yang patuh pada negri ini, kami bekerja sia dan malam ditanah kami untuk kehidupan kami,,,kenpa kami dicampakan diatas tanah subur kami?? 

Begitulah sekiranya yang tersirat yang ada dalam pikiran kita ketika melihat problem dan kesediha kaum papa, miskin dan gembel untuk sebutan dari orang kota. Mulai dari kasus-kasus dilevel pemerintahan seperti korupsi yang tak kunjung mereda, penggusuran terhadap tanah rakyat dimana-mana sampai pada bencana yang kerap kali menimpa negeri ini dan angka kemiskinan dan reproduksifitas kelahiran yang semakin meningkat dalam negri ini.

Sementara kemerosotan moral dan akhlak semakin mendekat kepada bangsa ini yang sangat kacau balau melihat penindasan menjadi hal yang biasa, justru eksploitasi dan egosentrisme dari penguasa terhadap rakyat kecil seolah menjadi hal yang wajar dan merupakan kebutuhan bagi kepentingan segelintir orang.
Aksi turun kejalan kerap kali dilakukan oleh masyarakat masyarakat kita untuk menyampaikan keluhan dan tuntutannya kepada pemerintah atas krbijakan dan kewenangan yang seolah tidak memihak pada rakyat negeri ini mereka hanya bisa menangis dan anarkis yang menjadi bagian dari kekecewaan terhadap negri ini yang jauh dari keadilan, ketentraman, dan kesejahteraan hidup mereka (rakyat) .
Mungkinkah ada keajaiban untuk negeri ini dari “sang illahi” untuk membangun dbangsa ini dari keterpurukan??”””saya kira jawabannya ada pada tindakan manusia yang mengaku bagian dari bangsa ini……

"Melawan bahtera tuhan untuk melanjutkan bahtera kehidupan insan 'gambar di kuta"
Ketika kita memahami persoalan diatas mungkin tidak ada yang ingin dalam keterpurukan itu sepanjang hidup/masa, rakyat adalah tujuan negara untuk memberikan keamanan, keadilan, ketentraman, kerukunan, dan kesejahteraan hidup di atas bumi pertiwi ini. Sebenarnya dan seharusnya rakyat kita tidak mengalami semua keterpurukan itu, karena tanah air ini kya dengan segalanya, mulai dari SDM dan keanekaragaman budaya, suku, ras, dan tentunya aset alam lain. Yang bisa menghantarkan kita pada kesejahteraan hidup. Kalo kita memahami dan mengaplikasikan UUD 1945 dalam demokrasi dari rakyat untuk esejahteraan rakyat, bukan dari rakyat untuk kepentingan penguasa.
Saatnya untuk kita menyatukan lisan dan perbuatan dalam niat baik kita agar searah pada tindakan nyata, untuk berpihak pada rakyat untuk kesejahteraannya dan bangsa ini. Agar murka tidak menimpa bangsa kita.
Disana masih ada yang berdo’a agar bisa sekolah, disana ada yang berdo’a agar mendapatkan pekerjaan dan gaji yang sesuai , disana masih ada yang berdo’a agar tidak lapar lagi esok harinya, dan petani yang menengadakan tangannya agar air irigasi terur mengalir kesawanya. inilah seberkas harapan dan permohonan yang tentunya perlu dipirkan oleh penguasa negara ini untuk memberikan fasilitas yang di inginkan mereka, agar mereka sejahtera dan hidup nyaman.

Berhijralah untuk mendapatkan sisi keberpihakan hidup, tinggalkan problem yang mendera
Untuk perubahan negara dan bangsa ini ada ditangan kita semua bahu membahu membangun kesadaran dan tindakan nyata untuk kita semua, untuk keadilan, kerukunan, keamanan, ketentraman dan kesejahteraan hidup kita smua.
Dengan tahun baru 1432.H waktu dan momen yang tepat untuk kita bermuhasabah untuk harapan yang cemerlang masa depan kita dan bangsa ini, mari satukan pikiran dan tindakan dalam tujuan bersama untuk kesejahteraan hidup.

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

1 komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS