السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Memasyarakatkan Budaya Baca Di Masyarakat Kampus

Kawan - kawan budiman yang tercinta dan seluruh saudara/iku yang membaca tulisan ini, yang mempunyai tugas untuk membudayakan masyarakat minat baca. Salam sejahtera buat kalian semua semoga dalam lindungan allah swt. Amin


Ketika melihat masyarakat kampus rasanya ada suatu irrasional antara eksistensinya dengan kerjanya didalam kehidupan kampus ini merupakan suatu hal yang menjanggal yang terus terfikirkan olehku, kehidupan adalah suatu perbuatan yang kemuadian seharusnya dipahami oleh seluruh civitas akademik apalagi yg namanya mahasiswa hari ini yang tunggang langgang dalam identitasnya. hari keselamatan bagi mereka dari kebodohan sebenarnya hari-hari ketika mereka ada dalam kampus yang mungkin bisa dibangun kesadarannya tuk memulai membangun budaya baru pada masyarakat hedonis hari ini,,,,kapan lagi kita revolusi kalo tidak hari ini.

Memang kalau disadari bahwa umunya masyarakat inidonesia lebih bercerita dari pada membaca dan 1/6 dari masyarakat indonesia mempunya televisi itu artinya orang indonesia lebih suka melihat gambar dari layar televisi dari pada membaca berdasarkan survei yang dilakukan oleh Y.SOFYAN dalam bukunya "belajar membaca" bahwa angka "melek huruf" diindonesia memiliki prosentasi 87 % yang kemudian kita pahami dalam arti yang lurus "bisa membaca" APAKAH DENGAN PROSENTASI SEPERTI ITU BAHWA SEMUA ORANG INDONESIA BISA MEMBACA??..........tentunya masih dalam tanda tanya??


dalam pada itu masyarakat indonesia lebih memilih untuk menjajahkan uangnya untuk hal-hal yang bersifat kesenangan semata,,,,karena bisa dipastikan orang memilih untuk membeli buku bukanlah hal yang biasa tetapi menjadi suatu beban, yang kemudian lahirlah keterasingan keterampilan disetiap individu. melihat kemampuan orang lain sesuatu hal yang luar biasa tanpa adanya egosentrisme positif tuk membangun optimis dari dalam diri yang ada hanya ketergantungan dan kecaman'kata "memang dia pintar dan rajin kok orangnya" padahal setiap insan itu memiliki potensi kalo dikembangkan dengan baik yang tentunya dijalani dengan telaten dan kesabaran dan dimaknai secara menyatu dalam praktek riil.

dalam ungkapannya DR.IR.E CAMPBALL "dengan membaca dapat menghadirkan masa lalu dan masa depan kemasa kini" saudara/iku yang pustakawan anda mempunyai tugas yang baik dan agung dimata manusia apalagi dimata tuhan tentunya kalo dijalani dengan baik sesuai dengan aturan hidup dalam memberikan pemahaman kepada masyarakt tentang pentingnya membaca dan kesadaran itu perlu dibangun dari diri saya dan anda agar kesadaran itu berimbas kepada masyarakat yang lain. apalah artinya anda mempelajari mesin pelayanan dalam perpustakaan yg memudah untuk akses pemustaka kalo anda sendiri hanya tau tentang mesin sedangkan prodak ilmu pengetahuan yang begitu banyak diperpustakaan anda tidak paham.


kawanku saya sadar DAN ANDA JUGA SEHARUSNYA dalam pikiranku bahwa mahasiswa hari ini ketika wisuda pasti ada kendala dalam mencari penghasilan'""kenapa??"""karena mode pendidikan yang bergantung pada instansi lembaga taupun perusahaan yang bermodalkan pada setandarisasi pendidikan internasianal ataupun nasional yang dlam penilainnya IPK"""hari inipola pendidikan kita bukan lagi untuk keerdasan tetapi untuk mendapatkan komersil dari segolongan orang yg berkuasa""""terus pertanyaannya apakah IPK anda dapat anda buktikan dalam implimentasi tentunya kawan natara ipk dengan ketermpilan kedua-duanya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja hari ini karena saingan anda diluar sana begitu banyak tuk bertarung mendapatkan kedudukan kerja dalam suatu lembaga atau perusahaan maka dari itu perlu kita bentengi dengan praktek fial kita ahri ini dengan meperbanya lifeskile agar anda menjadi orang yg terbai diantara yang erbaik lainnya tentunya itu semua dengan baca karena dengan membaca kita akan tau sesuatu yang kita belum tau sebelumnya baik pemahaman tentang materi dalam ilmu perpustakaan ataupun yang lainnya.
Okelah kawan sdampai disini dulu catatan saya kali ini mungkin lain waktu bisa saya lanjuti. Bacalah sesuatu pemahaman yg ada ditanganmu sebelum sesuatu itu dikabarkan orang lain kepada kamu bahwa dia telah mencetuskan satu teori yg ada ditanganmu tapi kamu tidak membacanya. Karena peluang hanya didapat oleh orang paham dan kuasa suatu keterampilan""obatlah kesediahanmu dengan bertamasya dari depan kata hinggga akhir kat sehingga kamu dapat pemahaman yang baru dan kamu bahagia dan tersenyum jangan pernah cemberut klarena tidak tahu sesuatu tapi jadikanlah dirimu orang yang selalu ceria karena kamu paham.

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS