السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Nabi Adam – Kabil – Habil Dan Sejarah Penjajahan



Kenapa anak - anak adam yang dididik agama, moral, dan jalan hidup yang sama, pikiran dan sifatnya berbeda?? 


Setelah adam diturunkn paksa dari surga eden dan mengatur bumi, dia lalu dikaruniai anak – anak kembar diantaranya kabil dan saudara perempuannya bernama iqlima, serta habil dengan saudara wanitanya labuda. 

Kabil bekerja dipertanian, habil menggembala. Tiba saatnya menikahken mereka, dengan model kawin silang kabil dengan saudara perempuan habil, begitupun sebaliknya. kabil tidak terima karena saudara perempuannya yaitu iqlima lebih cantik.

Untuk melerai persengketaan, Adam menyuruh mereka berkorban. Kabil mempersembahkan hasil pertanian, habil menyerahkan ternaknya. Allah cuma menerima korban habil. Lalu habil dibunuh kabil karena iri.
Kabil pusing, tidak tahu cara mengubur, lalu Allah menurunkan dua gagak yang bertarung, yang satu mati ( al maidah 31) 

Kenapa kabil menjadi penindas pertama? jawabannya ada disistem produksi, kabil bekerja di pertanian dan mensyaratken kepemilikan tanah, alat – alat tani, hasil pertanian dan distribusinya, kepemilikan ini yang membentuk watak kabil. Habil tidak punya tanah dan padang rumput milik bersama, ini yang membentuk sifat ikhlas habil. Alam bagi habil adalah milik bersama, tidak boleh dikuasai pribadi. Kabil berkuasa atas tanah dan alat produksi lain, sifat ini juga berpengaruh pada penguasaan hak orang lain dan pelanggaran hokum. Istri habil harus direbut paksa.

Penguasaan alat produksi, terutama tanah selanjutnya melahirkan kelas penguasa, tuan tanah, ini awal lahirnya sistem sosial kaya miskin. Kerja dan alat kerja berpengaruh besar pada fikiran, cara pandang, episteme bahkan agama seseorang.

Catatan bung Haidar Aly Mahmudi

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS