السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Muhammad Dan Hak Asasi Manusia

"Menyambut maulid adalah menyambut revolusi rakyat"
"
Menyambut maulid menyambut hak Asasi Manusia"

Islam mengajarkn untuk menyeimbangkn antara hubungan teologi, antropologi dan ekologi. Perkembangankontemporer islam begitu tersudut dan disudutkan. Seperti yang dikatakan muhammad bahwa awal mula islam itu asing dan akhir zaman nanti akan kembali terasing. Islam seolah digambarkan melanggar hak wanita, hak berbicara, hak berpolitik dll. 


Zaman muhammad islamlah yang pertama kali mengangkat harkat wanita yang dulu bias diwariskn dan dibunuh waktu bayi. Islam yang pertama kali mengumpulken wanita dan pria dalam satu majelis pendidikan meskipun harus disekat pembatas dan tidak boleh berbaur. Islam juga tidak melarang wanita berpolitik karena waktu itu aisyah adalah panglima perang saat melawan Ali. Wanita zaman nabi ikut berperang, sekolah dan kerja.

Muhammad datang tidak cuma mengajarkn doa atau ritual ibadah. Ketika awal datang, islam menyorot perbudakan dan pembagian masyarakat berdasar kelas kaya miskin. Kemerdekaan adalah hak manusia itulah kenapa muhammad membebaskan keluarga yasir dan sumayyh serta amar, menebus bilal bin rabbah, membebaskn budaknya sendiri yaitu zaid bin haritsah. Bahkan dalam hukum islam ketika seseorang memukul budaknya sebagai hukumannya dia wajib membebaskn si budak (HR muslim dan kitab riyadussholihin)

Riba adalah pelanggaran yang dipraktekkan masyarakat kala itu, dalam khutbah wada, nabi melarang riba, bunga hutang, perjanjian bersyarat ( termasuk sekarang mungkin ada perjanjian di WTO, IMF, World Bank, Trans pacific partnership, karena perjanjian di lembaga - lembaga ini menghancurkan hak rakyat atas kesehatan, air, pangan, pendidikan, kesehatan, sumberdaya alam dll)

Dalam kitab riyadus sholihin juga muhammad melarang menyiksa hewan dan harus memberikan hak hewan tersebut. Selain itu dalam hadis yang diriwayatkn abu dawud, muhammad bahkan melarang mengambil anak burung yang dierami.

Khutbah wada juga melarang balas dendam, pembunuhan, perang saudara. Selain itu juga mengatur hak perempuan. Ketika muhammad mengangkat usamah bin zaid untuk berperang dengan romawi, dia melarang pasukan muslim untuk mengganggu anak – anak, perempuan, orang tua, rakyat sipil, pendeta, melarang mengganggu orang beribadah, membakar rumah, tempat ibadah, bahkan menebang pohon. Ini adalah ajaran HAM yang lebih agung dari hukum perang PBB.

Inilah muhammad yang sering disalah pahami.
Bung HAM

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, video, dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS