السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Filsafat Sejarah Hegel

"perang itu hal yang wajib dalam sejarah, karena perang itulah dunia menuju fase yang lebih rasional"

Itulah kata – kata dari filosof paling rumit se-eropa, (Hegel). dunia yang kita tempati ini tidak baik - baik saja, orangnya juga tidak baik - baik saja, lucu kalau kita tidak waspada. Setiap orang punya motif masing – masing, motif - motif ini terkadang membuat manusia bertengkar maka adanya aturan desa, kampung, adat, negara itu juga wajib. aturan ini kadang tidak cukup membuat manusia jadi baik.

Hegel bilang, sejarah itu progres dan selalu menuju tatanan rasional, tidak mungkin manusia mundur kembali jadi primitif, demo itu lumrah karena ada sesuatu yang tidak masuk akal yang harus dirubah, budaya kalau tidak rasional juga akan ditinggalkan, teori juga akan ditentang oleh teori baru, negara kalau tidak rasional tatanannya pasti akan tumbang, diganti negara baru, bukan mulai dari nol tetapi melanjutkan yang dulu yang rasional mensintesiskan antara dulu dan sekarang.

Perang itu wajib, perang suriah, yaman, irak telah membuka kedok siapa kawan, siapa lawan, siapa yang membuat ribut, mana yang islam, mana setan yang mengatasnamakan agama, semua terbuka, semua jadi rasional.

Perang dunia II membuka kedok bahwa eropa dan jepang sedang rebutan daerah jajahan, lalu rakyat bangkit minta merdeka, semua jadi rasional.

Yang tidak rasional dan mengganggu itu PBB, amerika, israel dan saudi Bubarkan !!!
Bung HAM

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS