السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Mengkritisi Ibadah

"sekelompok orang beribadah pada Allah karena ingin mendapatken karunianya ini adalah ibadahnya pedagang, kelompok lain beribadah kepada Allah karena merasa takut ini adalah ibadahnya budak, kelompok ketiga beribadah pada Allah sebagai rasa syukur inilah ibadah orang merdeka. ( imam ali b abi thalib).

Itulah kata – kata rasional seorang mursyid agung thoriqoh - thoriqoh seluruh dunia (kecuali naqshabandi) tentang ibadah, semua bentuk ibadah itu sah tidak ada yang salah, entah seperti pedagang atau budak.

Tapi di sini kita harus kembali pada prinsip khalifah wakil allah Swt, manusia itu merdeka, apa dia memilih iman atau ingkar karena tidak ada paksaan dalam beragama.

Orang juga tidak akan bersyukur kalau dia tidak memahami kediriannya, tidak mengetahui nikmat yang didapat, dalam surat arrahman allah mendidik rasionalitas manusia agar tahu diri, syukur berhubungan erat dengan ilmu.

Manusia bukan budak, dia makhluk paling agung, dia harus tahu dirinya (al qiyamah 36-39, al - mu'minun 12-14)
Dia harus tahu tentang apa yang dimakan dan diminum (al hijr 22), an nahl 10-11, al an am 99.
Hingga tidak ada nikmat yang didustakan, syukur berhubungan dengan wajibnya belajar, membaca

Gimana mau bersyukur, memahami nikmat aja tidak kok.
Bung HAM

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, video, dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS