السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Mahasiswa Jangan Ikut - Ikut Politik


Titik pijak tulisan ini adalah "ketika perpolitikan hanya berisi perebutan kekuasaan bahkan dengan menggunakan provokasi serta isu-isu pecah belah, ini kondisi yang tidak rasional, bahkan berbahaya". Titik pijak ke dua "tugas mahasiswa dalam Tri dharma perguruan tinggi adalah mengabdi ke rakyat, berpihak ke rakyat bukan mengabdi pada kekuasaan atau terlibat rebutan kekuasaan". Jadi tugas mahasiswa adalah menjelaskan secara sistematis problem –problem kerakyatan sampai pada akar masalahnya. 

Mari kita lihat situasi dan konteks sejarah yang melingkupi gerakan mahasiswa indonesia. Pra kemerdekaan tugas dari kaum terdidik adalah gerakan politik, ini jelas, karena pada waktu itu rakyat masih terkungkung oleh sistem kolonialisme, penjajahan baik fisik maupun pikiran. Jadi dalam konteks ini kaum terdidik wajib bergerak dalam ranah politik, bukan cuma gerakan moral. Zaman orde baru, rakyat indonesia terbelenggu oleh sistem militerisme yang hegemonik dan dominatif. Rakyat di depolitisasi, dilarang cerdas, dilarang kritis, tidak boleh ikut berkuasa kecuali harus tunduk pada aturan rezim, memberontak terancam hilang, monopoli ekonomi, monopoli politik bahkan sistem pendidikan harus ikut kemauan penguasa. Sistem ini jelas mengharuskan mahasiswa untuk melakukan gerakan politik dan vis a vis dengan kekuasaan. 

Situasi sekarang beda. Perpecahan dan provokasi di mana – mana, rakyat semakin kabur tentang apa problem nasional sebenarnya. Perpolitikan hanya persoalan perebutan kekuasaan atau hanya tawar menawar kekuasaan sementara di sisi lain rakyat hanya jadi korban provokasi dan adu domba. situasi berbahaya ini mengharuskan mahasiswa untuk turun gunung berpihak ke rakyat yang hanya dijadikan pendorong mobil bukan malah dukung mendukung siapa nanti yang berkuasa. Mahasiswa harus menjelaskan ke rakyat kenapa sumber daya alam kita dikuasai asing, kenapa tanah kita dan sumber air kita dikuasai asing, Kenapa perpolitikan kita hanya dikuasai orang – orang kaya, kenapa pertanian kita malah memiskinkan, kenapa pendidikan kita kurang mencerdaskan sehingga rakyat mudah diprovokasi. Persoalan inti ini yang sebenarnya harus dikuasai rakyat dan itu adalah tugas mahasiswa, bukan tugas tukang becak.

catatan IHAMI

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS