السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Takdir Itu Ada?

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Manusia itu berpotensi menjadi "Tuhan" karena dalam dirinya ada dimensi ketuhanan "Lahut" dan sekaligus ada dimensi kemanusian "Nasut".

Dalam diri manusia juga ada dimensi "Malaikat" yang sangat taat, dan dimensi "Iblis" yang sangat ingkar dan merdeka. Juga ada dimensi “Hayyawan: Hewan” yang punya nafsu, gairah, naluri, kepekaan dan dimensi tumbuhan yang bisa tumbuh berkembang.

Dalam diri manusia juga ada unsur Tanah, Air, Api, Udara, inilah mikrokosmos, epifani Tuhan yang maha jenius. Inilah takdir manusia yang ada sejak lahir, selain hal – hal di atas, takdir manusia harus diciptaken sendiri.

Takdir itu bisa diprediksi oleh orang yang sangat jenius, tapi faktor lupa yang membuat si jenius dihantam oleh takdir yang sudah diprediksinya. Factor lupa disebabkan oleh banyak hal, entah banyak pikiran, kerjaan, atau lainnya di luar diri manusia, tapi sebabnya bisa diketahui.

Manusia itu telah diajarkan oleh Tuhan "Wa Allama Adamal Asma A’Kullaha’ {Al – baqoroh: 31}" semua nama, semua ilmu, hingga dia punya potensi tahu apa yang akan terjadi.

Potensi tahu akan takdir ini tertutup awan gelap yang namanya hasrat, nafsu yang juga sudah ditakdirken ada dalam diri. Nafsu ini bisa dikendalikan oleh akal, intuisi yang juga ditakdirken ada.

Orang yang sangat jenius tidak akan dihantam takdir karena dia selalu mawas diri, tetapi takdir ini menghantam si jenius lewat orang – orang fana dan tidak jenius, yang hidupnya berisi kemelut.

Muhammad tahu umatnya akan kacau, tetapi dia tidak bisa mencegah karena umatnya ini disuruh belajar dan mawas diri tapi tidak mau.

Takdir itu bisa dibaca, tapi takdir biasanya berbicara lewat orang – orang yang tidak tahu.
Bung HAM

Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, Video dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS