السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Golput Halal Loh



Indonesia itu bukan negara demokrasi, tapi cuma negara yang banyak pemilunya, mulai pemilihan RT sampai presiden ada di sini. Tapi untuk ngomong perubahan yang lebih baik kayaknya belum ada.


Selama ini kita didoktrin dan ditakut takuti kalau negara tidak ada pemimpinnya akan ada kekacauan, itu pendapat yang lebay dan berlebihan, rakyat punya tradisi gotong royong kok. Kekacauannya itu bukan rakyat yang melakukan, tetapi elit yang rebutan kekuasaan. Ingat negara ini masih berbau feodal, siapa jago dia yang berkuasa.

Ada lagi yang menyatakan bahwa pemilu itu dalam istilah ushul fiqihnya "dar'ul mafasid muqoddamun ala jalbil masholih", kaidah fiqih ini benar tapi konteksnya belum tentu. Coba aja dalam satu daerah tidak ada bupati atau gubernurnya, pasti nggk akan ada kekacauan, rakyat sudah biasa sendirian kok.

Kalau menggunakan fiqih sebagai acuan, kita juga harus menggunakan fiqih untuk kriteria pemimpinnya, kitab ahkam as sulthoniyyah suhrawardi, pasti tidak akan ada calon bupati atau gubernur yang lolos.

Ushul fiqih bukan hanya soal golput, tetapi pemilihan pemimpinnya yang paling penting.


Catatan bung Haidar Aly Mahmudi


Yang mau update Artikel ilmiah, Cerpen, Sajak, Puisi, Opini, Berita, dan Foto Follow twitter Nacha sujono

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS