السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Kita tak bisa memastikan kapan akan Mati - Yang pasti bahwa semua akan Mati "Orang paling pandai orang yang paling ingat akan masalah kematian (Sabda Rasulullah saw.)"

Jual Beli Valuta Asing Dalam Tinjauan Kitab Kuning


Di sini saya menggunakan kitab Bulughul Maram, bab riba untuk menganalisa jual beli valuta asing, hadis dari Abu Said Al Khudry, Nabi menyatakan:
"Janganlah kalian menjual emas dengan emas kecuali harganya sama, janganlah menambah sebagian pada sebagian lain, janganlah kalian membeli uang dengan uang kecuali harganya sama."

System ekonomi politik internasional sangat tidak adil ketika terkait dengan jual beli valuta asing. Ada mata uang yang nilainya lebih rendah dari mata uang lainnya, ketika mata uang satu negara digunakan untuk transaksi internasional, nilainya otomatis naik.

Suatu negara ketika mengeluarkn mata uang, jumlah uang yang beredar harus dijamin dengan cadangan emas bank sentral yang nilainya sama. Indonesia jelas, cadangan emasnya melimpah tetapi kalau The Fed Amerika Serikat itu milik swasta dan tidak mempunyai cadangan emas sebanyak nilai uang yang beredar, hanya karena transaksi internasional menggunakan dollar sementara nilai dollar lebih tinggi dari rupiah. ini akal – akalan, nilai dollar itu tidak lebih dari bungkus nasi. Seumpama AS punya cadangan emas, maka nilai emasnya hanya 5% dari dollar yang beredar di dunia.

Ketidakadilan lainnya adalah ketika suatu negara hutang 10 dollar ke negara lain dan harga dollar 10 ribu, setahun kemudian harga dollar 13 ribu, utang luar negeri akan membengkak. ini adalah RIBA dan sangat membebani negara dan rakyat, lah indonesia utangnya 4000 trilliun dan akan meningkat kalau dollar naik.
Krisis ekonomi 1998 yang menghancurkan indonesia seperti itu gambarannya.

Tidak ada komentar:

Baca juga topik dibawah ini:
Lihat kamus di Beranda!
DAFTAR EMAIL KAMU UNTUK BERLANGGANAN UPDATE Ujung Pena NS